Jumat, 05 Juni 2015

Peran Uang dalam Ekonomi Syariah



Uang adalah inovasi besar dalam peradaban perekonomian dunia. Posisi uang sangat strategis dalam sistem ekonomi dan sulit digantikan dengan variabel lainnya. Bisa dikatakan bahwa uang merupakan bagian yang terintregasi dalam sistem ekonomi. Jika dilihat dari awal kemunculan uang sebagai alat tukar menukar, menjadi ironis ketika sekarang ini manusia seolah telah menuhankan uang. Hal ini terlihat dari pola hidup manusia yang mampu melakukan apa saja guna mendapatkan uang. hal ini diperparah dengan uang dijadikan alat mengukur kekayaan seseorang. Sepertinya fenomena yang demikian nyata di masyarakat, telah menggeser peran uang dari alat tukar menukar menjadi alat menimbun kekayaan. Kekhawatiran besar ketika uang yang beredar sekarang ini dijadikan alat untuk kemudian melakukan hal-hal yang dilarang oleh syari’ah dan lambat laun menghancurkan nilai-nilai Islam yang kita anut sekarang ini.oleh karena itu menjadi penting melakukan pembahasan seputar peranan uang dalam pandangan Islam.
Secara umum uang mempunyai fungsi-fungsi dalam perekonomian, yaitu: Alat tukar atau alat perantara dalam tukar menukar (medium of exchange), Satuan hitung (Unit of account) atau dapat menjadi pengukur  kegiatan perekonomian, Penyimpan nilai (store of value). Selanjutnya Mustofa Edwin menambahkan fungsi uang adalah Pembakuan nilai (standart of value) pembakuan pembayaran tangguh (standart of differed payment).
Menurut konsep Ekonomi Syariah, uang adalah uang, bukan kapital, sementara dalam konsep ekonomi konvensional, konsep uang tidak begitu jelas. Misalnya dalam buku “Money, Interest and Capital” karya Colin Rogers, uang diartikan sebagai uang dan kapital secara bergantian. Sedangkan dalam konsep ekonomi Syariah uang adalah sesuatu yang bersifat flow concept dan merupakan public goods. Capital bersifat stock concept dan merupakan private goods.  Uang yang mengalir adalah public goods, sedangkan yang mengendap merupakan milik seseorang dan menjadi milik pribadi (private good). 

Lebih lengkap klik disini>>>>>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar